by

Bersama TNI AL, BI Sultra Laksanakan ERB di Wilayah 3T

KENDARI, TERKINI.COM – Bank Indonesia (BI) bersama Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksanaan ERB Sultra di tahun 2024 ditandai dengan pelepasan tim ekspedisi oleh Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto dan disaksikan oleh Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Faris Budiawan, DANLANAL Kendari, Forkopimda Sultra dan perwakilan MABES TNI AL, Jumat (03/05/2024) di Pangkalan Angkatan Laut Kendari.

Diungkapkan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra, Doni Septadijaya, ERB ini melanjutkan kesuksesan pelaksanaan ERB Sultra di tahun 2023.

Dia menerangkan, keberangkatan Tim ERB Sultra mendapat dukungan MABES TNI AL dengan menggunakan KRI Marlin (877), kapal perang kebanggaan bangsa produksi anak negeri dengan rute Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko dan sebagai tambahan Pulau Runduma pada titik terjauh utara Sultra membawa modal kerja sebesar Rp20 miliar.

“Jumlah tersebut meningkat sebesar 53,84% dari tahun 2023 sebesar Rp13 miliar untuk mendorong ketersediaan uang layak edar pada wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) di Sultra (Wakatobi). ERB ini juga terlaksana masih dalam suasana HUT Sultra yang ke 60,” kata Doni. 

ERB sendiri bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah 3T untuk mendapatkan uang layak edar. Kegiatan ini sebagai bagian dari perjanjian kerjasama antara BI dengan TNI AL mengenai pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta wilayah perbatasan dan 3T di NKRI. 

Kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2012 hingga April 2024 ini telah diwujudkan dengan 113 kali kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 585 pulau. Pada tahun 2023 terdapat realisasi penukaran 17 kali kegiatan di 17 provinsi dan 85 pulau di wilayah 3T. 

Sementara untuk tahun 2024 ini, terdapat peningkatan intensitas menjadi 18 kali kegiatan di 18 provinsi dengan target kunjungan ke 90 pulau di wilayah 3T seluruh Indonesia. Inisiasi Bank Indonesia mengedarkan uang melalui ERB ini meraih penghargaan internasional lingkup bank sentral yakni Central Banking Award (CBA) ke-11 untuk kategori currency initiative. 

Panitia CBA mengapresiasi inovasi dan keunggulan BI dalam pengelolaan uang tunai termasuk distribusi di tengah kondisi geografis Indonesia yang menantang. 

Pada 2024, Sultra terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan ERB mempertimbangkan keberhasilan pengawalan kedaulatan rupiah pada ERB Sultra 2023 serta arti penting Sultra bagi Indonesia, sebagaimana digambarkan dengan indah pada rupiah pecahan 10 ribu tahun emisi 2022 yang menyematkan keindahan Wakatobi pada salah satu sisinya. 

Lebih lanjut, gugusan kepulauan Wakatobi semakin menyalakan api semangat untuk menjamin ketersediaan rupiah sebab transaksi menggunakan rupiah adalah hak seluruh Bangsa Indonesia yang dijamin oleh Bank Indonesia sebagai salah satu tugas utamanya. 

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, ERB 2024 turut menghadirkan kegiatan, yang meliputi layanan kas keliling, edukasi cinta bangga paham rupiah, dan program bantuan sosial dedikasi untuk negeri dan layanan kesehatan gratis bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi. 

Rangkaian kegiatan ERB Wakatobi 2024 akan ditutup pada 8 Mei 2024 di Wangi-wangi Wakatobi yang akan dihadiri oleh Bupati Wakatobi, Haliana serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Thathit Suryono dengan rangkaian kegiatan berupa seremonial pemberian bantuan sosial dedikasi untuk negeri berupa fasilitas penunjang pendidikan dan fasilitas penunjang kesehatan untuk mendukung kebutuhan dasar masyarakat Wakatobi. 

Bank Indonesia senantiasa memastikan ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan layak edar hingga wilayah terluar Indonesia guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar kementerian/lembaga untuk memastikan uang rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI untuk menjamin sistem pembayaran yang aman dan nyaman bagi masyarakat. 

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *