by

Program GSMS Mulai Diterapkan, Dikbud Konawe Bakal Rekrut Seniman Lokal 

KONAWE, TERKINI.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe bakal merekrut sejumlah seniman lokal untuk menyalurkan pengetahuannya kepada peserta didik.

Kabupaten Konawe menjadi salah satu dari 40 daerah yang menjadi sasaran program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dari Kemendikbudristek. Sehingga demikian para seniman lokal dapat berkontribusi bagi pengembangan seni dan budaya di daerah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Konawe Andang Masnur menjelaskan untuk pertama kali Konawe tahun ini menjadi salah satu sasaran dari 40 daerah program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

“Tidak semua daerah mendapatkan program ini. Konawe menjadi salah satu dari 40 daerah di Indonesia sebab kita lolos seleksi melalui pengajuan proposal permohonan dan wawancara bulan lalu,” kata Andang

Selanjutnya mantan Komisioner KPU Konawe ini juga menjelaskan bahwa dengan dipilihnya Konawe sebagai sasaran maka Dikbud membuka rekrutmen 23 seniman yang akan diberikan kesempatan mentransfer pengetahuan seninya kepada siswa di 23 sekolah yang ditunjuk.

“Kita merekrut 23 seniman lokal dengan kategori berbeda, misal seni tari, musik tradisional, vokal, lukis dan lainnya yang nantinya turun ke sekolah menyasar pelajar untuk diberikan pengetahuan seni dan budaya,” imbuhnya.

Diketahui, pendaftaran seniman ini sementara berlangsung melalui website Kemdikbudristek pada gsmsppk.kemdikbud.go.id yang akan berakhir pada tanggal 30 April 2024. Seluruh biaya honorarium seniman ditanggung oleh Kemdikbudristek.

 

Laporan: Redaksi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *