by

Launching Kampung KB di Morosi, Harmin Ramba : Penting, Untuk Mengendalikan Arus Pertumbuhan Penduduk

KONAWETERKINI.COM: Harmin Ramba selalu Pj Bupati Konawe melaunching program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di setiap desa se-kecamatan Morosi, Selasa 20 Februari 2024, launching Kampung KB di wilayah lingkar tambang digelar saat Harmin Ramba menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Morosi yang dipusatkan di Balai Desa Tondowatu.

Pembentukan Kampung KB ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Serta, mengurangi angka kelahiran yang tidak terkendali diwilayah industri PT VDNI.

Melalui sambutannya, Harmin Ramba mengatakan, Kampung KB akan menjadi pusat informasi dan layanan mengenai kesehatan reproduksi, dan perencanaan keluarga. Melalui kesempatan itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk aktif mendukung program Kampung KB. Ia meyakini, Kampung KB dapat menciptakan keluarga yang sejahtera, berkualitas dan berdaya saing.


 

“Kita ingin masyarakat tahu bahwa Kampung KB ini sangat penting dalam rangka mengendalikan arus pertumbuhan penduduk. Sebab, Kampung KB itu bukan hanya berfikir bagaimana memperlambat angka kelahiran saja. Akan tetapi, bagaimana kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Masih menurut Harmin Ramba, dengan adanya Kampung KB di setiap desa se-Kecamatan Morosi, angka kelahiran dapat lebih terkontrol dan masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya perencanaan keluarga. Selain itu, program tersebut dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Konawe untuk turut serta dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

“Pembentukan Kampung KB ini merupakan  program rutin kita di Pemkab Konawe. Tujuan kita itu adalah dalam rangka menyukseskan program pemerintah pusat. Pembentukan Kampung KB ini juga ada kaitannya dengan penanganan stunting. Sebab, pada Kampung KB itu, ada fasilitas infrastruktur yang kita berikan dilapangan. Itu dalam rangka menurunkan dan memproteksi masalah stunting,” tandasnya.

Perlu diketahui Kampunh KB dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 lalu. Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah.

Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *