by

BI Sultra Permudah Penukaran Uang Lewat Serambi 2024

KENDARI, TERKINI.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melepas kas keliling di Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024, ini menjadi upaya BI dalam permudah masyarakat menukar uang rupiah selama ramadan dan menjelang idul fittri 1445 hijriah.

Kepala KPwBI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, Serambi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BI di bulan ramadan khususnya terkait pelayanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat.

“Pada kegiatan ini kita tidak bekerja sendiri, karena untuk menjangkau masyarakat secara luas BI perlu bekerjasama dengan teman-teman perbankan,” tuturnya di Kick Off Serambi di The Park Kendari, Senin (18/03/2024).

Doni menuturkan, tahun 2024 ini BI Sultra menyiapkan 90 titik di seluruh Sultra, adapun persyaratan untuk melakukan penukaran uang ialah memiliki KTP dan melakukan registrasi atau pendaftaran melalui aplikasi https://pintar.bi.go.id/

Sementara penukaran melalui BI, pihaknya memberikan paket penukaran kas keliling sekitar Rp4 juta, untuk di perbankan Rp3,7 juta. Serambi dilaksanakan 18 Maret hingga 5 April 2024. Jadwalnya bisa di akses melalui media sosial BI Sultra.

“Terkait peredaran atau penukaran uang di daerah seperti Konkep maupun Buton kita dibantu dengan teman-teman perbankan yang lain seperti BPD maupun BRI,” katanya.

Tahun ini BI Sultra menyediakan Rp1,9 triliun. Angka tersebut meningkat dibanding tahun 2023 kemarin yakni 1,5 triliun.

Tidak hanya penukaran uang rupiah, pihaknya pun melakukan edukasi kepada masyarakat terkait keuangan serta bagaimana masyarakat merawat rupiah dalam hal ini cinta, bangga dan paham rupiah. Untuk itu BI Sultra juga bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra.

Ditempat yang sama, Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengungkapkan, rupiah ini perlu terus diperbaharui jadi dari OJK terus mendukung kegiatan dari BI agar rupiah ini menjadi uang yang selalu baik dari segi perputaran maupun peredarannya.

“Apalagi sekarang ini momennya tepat karena menjelang idul fitri, dimana masyarakat membutuhkan uang receh baru. Intinya Serambi ini kegiatan yang positif,” pungkasnya

 

 

Reporter: Nunung

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *