by

Kesejahteraan dan Keamanan Minim, Hakim PN Konsel Harap Pemerintah Beri Perhatian  

KENDARI, TERKINI.COM – Minim keamanan dan tidak memiliki rumah dinas, Vivi Fatmawati Ali SH MH selaku Hakim di Pengadilan Negeri Konawe Selatan (PN Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan hakim khususnya di kawasan timur termasuk dari segi keamanan.

Vivi menuturkan, sebagai perempuan yang berprofesi sebagai hakim di PN Konsel dirinya sulit mendapatkan rumah atau tempat tinggal yang layak dan aman. Untuk itu, dirinya berharap kepada pemerintah agar hakim perempuan ketika ditempatkan di suatu tempat atau daerah untuk bekerja sudah dipersiapkan rumah dinas dan fasilitas keamanan lain.

“Saya rasa ini momen yang tepat mengutarakan harapan kami, terlebih sebentar lagi akan ada pesta demokrasi yakni pemilihan Capres dan Cawapres 2024. Berharap apa yang menjadi keinginan kami bisa dipertimbangkan oleh calon pemimpin negara ini dan pemerintah pusat kedepannya,” terang dia saat menemui awak media di salah satu cafe di Kendari, Minggu (21/1/2024) malam.

Vivi juga membagikan sedikit pengalamannya, dimana rumah yang saat ini dia tempati di sebelahnya tidak ada rumah lain namun hutan. Sehingga, sebagai perempuan yang memiliki pekerjaan sebagai hakim dan terkadang pulang malam karena rapat ataupun sidang membuatnya khawatir.

“Konsel itu jam 07:00 malam sudah sepi tidak ada kendaraan, bayangkan saja kalau saya pulang malam sendiri dan rumahnya itu sampingnya hutan, jika musim hujan ular bisa masuk dan saya harus hadapi sendiri,” katanya.

Untuk itu dia meminta kepada pemerintah maupun yang memiliki kewenangan agar dapat memberi fasilitas kepada hakim di Indonesia, setidaknya di tahun 2024 atau kedepannya bisa lebih memperhatikan keamanan para hakim terkhusus hakim perempuan yakni pemberian rumah jabatan atau rumah dinas lengkap dengan pos pengamanannya.

“Hal ini penting bagi kami hakim yang sering mendapat ancaman misal yang terjadi kepada saya, yaitu berupa video rekaman makian,” ungkap Vivi.

Dia menambahkan, sebenarnya di Konsel itu sudah ada tanah yang diperuntukkan bagi rumah dinas hakim, sayangnya hingga kini rumahnya belum terbangun.

Tidak hanya itu, dia juga berharap pemerintah memperhatikan kesejahteraan hakim terutama hakim di kawasan timur dengan kenaikan gaji. Diketahui, gaji hakim sejak 2012 belum pernah naik terutama hakim di wilayah timur, sementara harga kebutuhan rumah tangga terus naik. 

 

Reporter : Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *