by

Permudah Akses Kesehatan di Pulau Saponda, Pemda Konawe Akan Sediakan Ambulance Laut

KONAWETERKINI.COM- Untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan di Pulau Saponda, Pemda Konawe bakal mengadakan ambulance laut untuk warga masyarakat setempat.

Hal ini dikatakan langsung Pj Bupati Konawe Harmin Ramba saat berkunjung di Pulau Saponda, Senin 04 Desember 2023, didampingi Kepala OPS, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Soropia.

Rencana pengadaan ambulance laut dikarenakan minimnya sarana dan prasarana kesehatan di Pulau Saponda, termasuk Puskesmas pembantu sekalipun.

“Pulang di Konawe saya akan rapatkan terkait masalah tidak adanya puskesmas pembantu, dokter, perawat, bidan desa, ambulance laut,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan akan menempatkan petugas kesehatan di Pulau Saponda, sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat setempat.

“Saya pulang akan segera menempatkan mereka di pulau Saponda. Ini merupakan bentuk kecintaan dan perhatian saya kepada masyarakat di Pulau Saponda,” lanjutnya.

Harmin menambahkan, status fasilitas kesehatan disini masih polindes, namun di tahun 2024 akan ditingkatkan statusnya menjadi pustu.

Setelah melakukan kunjungan ini, dirinya bakal melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan terkait petugas kesehatan yang tidak tinggal menetap di Desa Saponda.

“Petugasnya ada tapi mereka tidak tinggal di sini jadi nanti kita angkat tenaga kesehatan di sini atau angkat yang mau tinggal di sini,” jelasnya.

Untuk fasilitas kesehatan di Desa Saponda, pemerintah daerah bakal memberikan bantuan berupa ambulan laut untuk mempermudah akses kesehatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *