by

Hubungkan Latoma dan Routa, Pj Bupati Konawe Kejar Dana Inpres Jalan Daerah

KONAWETERKINI.COM- Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, terus berupaya menghubungkan Kecamatan Routa dan Kecamatan Latoma. Banyak dampak positif jika kedua kecamatan ini terhubung.

Ia menjelaskan saat ini ada dua rute alternatif jika ingin membuka jalan penghubung Latoma-Routa. Jalur pertama Latoma-Routa tembus Tanggola dengan jarak sepanjang 109 Kilometer melintasi kawasan hutan lindung. Jalur kedua, lebih efisien melalui jalur Lawali dengan jarak 100 kilometer melewati hamparan alang-alang.

“Kita akan buat desain untuk dua jalur alternatif ini, kemudian diajukan ke Kementerian PUPR, DPR RI, Kementerian Kehutanan dan Bappenas,” bebernya.

Melalui pembangunan jalan penghubung Latoma-Routa akan menghubungkan dua Proyek Strategi Nasional (PSN), yakni IKIP yang berada di Routa dan Bendungan Pelosika yang berada di Latoma.

“Kita akan kejar dana Inpres Jalan Daerah, karena itu adalah ruang kabupaten/kota mendapatkan pembangunan jalan yang berada di wilayah kewenangannya,” katanya.

Sementara itu, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, pembangunan jalan Latoma-Routa ini dapat memberikan dampak positif terhadap persebaran penduduk yang merata dan terjadi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pembangunan jalan ini juga akan memberikan solusi efisiensi jarak tempuh untuk masyarakat di Kecamatan Routa,” jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *