by

BI Sebut Pertanian dan Pertambangan Jadi Andalan Sultra di Sektor Ekonomi

KENDARI,TERKINI.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pertemuan tahunan BI Sultra 2023 di salah satu hotel di Kendari menyebut pertanian dan pertambangan jadi sektor andalan pertumbuhan ekonomi Sultra.

Deputi Kepala KPwBI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo menegaskan, sektor pertanian dan pertambangan masih menjadi andalan dalam pertumbuhan ekonomi di Sultra.

Diketahui, perekonomian di Sultra pada tahun 2022 mencapai 6% dan di tahun 2023 turun menjadi 4,9%.

“Namun yang kita syukuri adalah ada empat sektor dominan yang ada di Sultra yang dapat menampung tenaga kerja cukup banyak dan dapat tumbuh berkembang khususnya pertambangan,” katanya, Rabu (29/11/2023).

Adapun sektor lain yang juga jadi andalan Sultra ialah sektor pertanian, sektor konstruksi dan sektor industri pengolahan.

Namun, yang harus diwaspadai adalah inflasi, di tahun 2023 triwulan III, dimana pada bulan September 2023 inflasi Sultra mencapai 3,46%, tertinggi nomor dua di Indonesia.

Aryo menuturkan, di tahun 2024 Bank Indonesia juga akan melakukan kegiatan “Festival Ekonomi Syariah” yang rencananya diselenggarakan pada bulan Juli 2024 mendatang yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di sultra.

“Kami berharap di tahun 2024 sinergi terus berjalan dengan baik sehingga outlook pertumbuhan ekonomi di sultra dapat tumbuh berkembang, kemudian inflasi dapat ditangani dengan baik, tentunya ekosistem digital juga dapat berjalan dengan baik,” harap dia.

Pada pertemuan tahunan tersebut BI Sultra juga memberi penghargaan kepada instansi pemerintahan dan swasta, serta UMKM dan universitas.

Penerima BI Sultra Awards untuk kategori UMKM Orientasi Ekspor Binaan Terbaik 2023 ialah Sagumi, UMKM Digital Binaan Terbaik 2023 diberikan kepada Arentim, UMKM Pendukung Pariwisata Binaan Terbaik 2023 Nira Lakoo, UMKM Syariah Binaan Terinovatif 2023 Kerajinan Ariestha

Selanjutnya, kategori Unit Usaha Pondok Pesantren Binaan Pendukung Program Ekonomi Syariah Terbaik 2023 diberikan kepada Ponpes Al Irsyad.

Mitra Strategis Terbaik dalam Pengembangan Perekonomian Provinsi Sultra 2023 ialah Kota Kendari, Mitra Strategis Pendukung Asesmen Ekonomi dan Keuangan Daerah Terbaik Sultra 2023 yakni Bandara Haluoleo.

Bank dengan Distribusi dan Layanan Kas Uang Rupiah Terbaik Sultra 2023 ialah Bank BCA.

Mitra Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Terbaik 2023 ialah SMAN 1 Kendari. Akuisisi Pengguna QRIS Perbankan Terbaik 2023 Bank Mandiri.

Sementara, Digital Award Sultra 2023 diberikan kepada STIE 66, IAIN Kendari dan SMK 1 Kendari.

 

 

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *