by

Pamerkan Karya UMKM Konawe, Pj Bupati Konawe Minta Dekranasda Buat Gerai

KONAWETERKINI.COM- Untuk menggerakan UMKM di Kabupaten Konawe, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menyarankan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe untuk membuat galeri.

Hal ini dikatakannya usai melantik Dekranasda Konawe, beberapa waktu lalu. Galeri yang dimaksud sendiri tujuannya untuk memamerkan hasil karya UMKM Konawe.

“Bikin gerai, supaya apa? kalau kita dari kolaka singgah di gerai, kalau kita dari kendari singgah di gerai punya Dekranasda,” ujarnya.

Karena Kabupaten Konawe merupakan daerah lintasan, hal ini menjadi keuntungan tersendiri apabila Dekranasda membuat gerai, yang dapat menjadi tempat transit untuk pembelian oleh oleh hasil karya UMKM bagi pelintas rute Kendari Kolaka, pun sebaliknya.

Dengan demikian, Dekranasda yang baru dikukuhkan beberapa minggu lalu dapat berkontribusi besar terutama disektor pendapatan daerah.

“Buat gerai  untuk memamerkan sejumlah hasil kerajinan tangan para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Konawe.  Semua hasil karya, bukan hanya tenun, tapi juga hasil keripik, pisang goreng, dodol. Coba ke Jawa, kalau  pernah naik bus pariwisata, dia bawa kita ke pusat oleh-oleh, ada dodol, ada kerjinan,” jelasnya.

Jika nantinya, gerak tak mampu lagi menampung hasil karya UMKM, ia menyarankan untuk membuat ekspo tunggal keluar daerah dengan mengundang pelaku bisnis.

“Bikin gerai  tampung hasil produksi itu , kalau over produksi bikin ekspo keluar daerah,nda usah keluar negeri dulu. Mau ke Surabaya dan ke Jakarta bikin ekspo. Saya kira  pemikiran ini perlu mulai dari sekarang, bergerak dan berbuat inshaAllah bisa tercapai,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *