by

Melalui Lomba Inovasi ID 2023, Sekda Ferdinand Sapan Berharap Potensi Daerah Dikelola Oleh SDM Unggul

KONAWETERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) menggelar lomba Inovasi Daerah (ID) tahun 2023.

Dengan inovasi inovasi yang dilahirkan melalui lomba ID, Pemda Konawe berharap persoalan publik dapat terselesaikan secara efektif.

Melalui sambutannya, Sekda Konawe Feedinand Sapan mengatakan inovasi penting agar potensi daerah dapat dikelola dengan baik.

“Potensi daerah kita harus dikelola dengan sumber daya manusia yang hebat, inovasi yang mampu menyelesaikan persoalan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, melalui kegiatan lomba inovasi daerah akan memunculkan ide-ide yang brilian sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

“Mari kita catatkan sejarah kita masing-masing, dengan legacy yang kita tinggalkan akan menjadi langkah awal kita membawa daerah ini menuju daerah maju,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Konawe, Riny Andriyani mengatakan, Konawe menjadi daerah kedua yang menggelar lomba inovasi daerah se-Sultra. Ia menjelaskan, inovasi daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peran publik dan tingkat daya saing daerah.

Lanjutnya, Hj. Riny Andriyani, SP., M.Si menerangkan penilaian lomba inovasi daerah terdiri dari beberapa kriteria, yang pertama gagasan inovasi yang terbarukan dan unik, bermanfaat serta berkelanjutan.

“Semakin tinggi daya saing daerah, maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Kita ingin inovasi ini dapat berefek dan memberi manfaat bagi masyarakat. Alhamdulillah kegiatan ini telah menghadirkan inovator yang mampu mendorong kinerja pemerintahan daerah di Konawe,” jelasnya.

Berikut daftar pemenang lomba Inovasi Daerah Kabupaten Konawe Tahun 2023

1. Sistem Informasi Pangan Terintegrasi (SIMPATI), Dinas Ketahanan Pangan Kab. Konawe (Abdul HASIM, SP.,M.Si).

2. Sistem Informasi Surat Menyurat Kesehatan (SISKES), BLUD RSUD Kab. Konawe (dr.AGUS.LAHIDA, MMR).

3. Bis Aktor Bio Saka Mengatasi Amoniak Pada Kotoran, Dinas Peternakan Kab. Konawe (JUMRIN, Spt).

Juara Harapan

1. Tes Dasar Komputer (COMBAT), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Konawe (Dr. SURIYADI, S.Pd, M.Pd).

2. Sistem Informasi-Emergency Konawe Medical Service, BLUD RSUD Kab. Konawe (dr. AGUS S.LAHIDA, MMR)

3. SIMON, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DAHLAN, SP.,MM).

Pengumuman hasil lomba inovasi daerah kabupaten Konawe tahun 2023 berlangsung di salah satu hotel di Kabupaten Konawe, kegiatan ini di hadiri pimpinan OPD lingkup pemerintahan Kabupaten Konawe.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *