by

Media Gathering, Kemenag Sultra Ajak Jurnalis Sosialisasi Tujuh Program Menteri

KONAWE, TERKINI.COM- Media gathering yang dilaksanakan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diikuti jurnalis media on line, cetak dan elektronik dilakukan sebagai upaya mensosialisasikan tujuh program prioritas Menteri Agama.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh menuturkan, tujuh program prioritas Menteri Agama RI yang saat ini sudah dilaksanakan secara masif oleh Kemenag Sultra seperti sosialisasi, orientasi pelopor dan penggerak moderasi beragama baik di kalangan internal Kemenag Sultra maupun eksternal dengan melibatkan tokoh-tokoh lintas agama di Sultra.

“Bahkan kita sudah melakukan penandatangan MoU dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dilbud) Sultra terkait penguatan moderasi beragama di kalangan pelajar tingkat SMA, SMK hingg SLB,” katanya, Selasa (14/11/2023).

Selanjutnya program transformasi digital, ini pun telah diterapkan di satuan kerja (Satker) lingkup Kemenag Sultra termasuk di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan, madrasah dan kabupaten/kota.

Dia menambahkan, pihaknya juga melakukan revitalisasi KUA kecamatan seperti di KUA Kecamatan Kendari Barat di Kendari, KUA Kecamatan Wolio di Baubau serta KUA lain tersebar di 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Program lainnya ialah kemandirian pondok pesantren terkait ini kita bekerjasama dengan IAIN Kendari sekaligus menyemarakkan hari santri nasional 2023 melakukan expo pondok pesantren di pusatkan di IAIN Kendari,” tutur dia.

Adapula program Cyber Islamic University, kerukunan dan tahun toleransi.

“Kemenag Sultra sendiri secara masif mencanangkan program tahun toleransi yang diadakan di madrasah dan mendirikan rumah moderasi beragama termasuk di KUA kecamatan,” jelasnya.

Dia berharap pers yang ada di Kendari dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait capaian program Kemenag Sultra yang mengacu pada tujuh program prioritas Menteri Agama.

“Kita juga mengharapkan, semoga dengan dilaksanakannya Media Gathering yang pertama kali dilakukan oleh Kemenag Sultra komunikasi dengan para insan pers khususnya di Kendari terus terjalin semakin baik,” pungkas dia.

 

 

 

Reporter: Nunung

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *