by

Jalin Kolaborasi, UMK dan UAD Bina Pembudidaya Tambak Rakyat di Desa Towua

KENDARI,TERKINI.COM- Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melalui program-programnya tidak henti memberikan kontribusi kepada pembangunan daerah. Kali ini UMK bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melalui Program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (KOSABANGSA) melakukan pembinaan ekonomi masyarakat di Desa Towua, Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka.

Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Dr. Ahmad Muhlis Nuryadi mengungkapkan, pembinaan ekonomi masyarakat kali ini dilakukan di Desa Towua sebagai target sasaran pelaksanaan program inovasi dengan objek usaha budidaya ikan bandeng dan udang.

Pada kegiatan tersebut Ahmad didampingi Eddy Hamka M.Si dan Alfiah Fajriani M.Si dengan Tim Pendamping Prof Dwi Sulisworo, Dr. Vera Yuli Erviana, dan Dr. Ika Maryani, M.Pd dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Ahmad Muhlis dengan tim melaksanakan Program KOSABANGSA yang merupakan program pengabdian kepada masyarakat Ristek Dikti.

“Warga Kecamatan Wundulako, tepatnya di Desa Towua memiliki usaha budidaya ikan bandeng,” katanya, Selasa (28/11/2023).

Khusus pada program yang dijalankan ini, tim diarahkan untuk penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pembudidaya tambak bandeng terkhusus terkait metode budidaya organic.

Selama kurang lebih dua bulan kegiatan berjalan, banyak hal yang telah dibenahi bersama dengan masyarakat pembudidaya sebagai mitra.

“Mungkin belum semua dapat terselesaikan, namun paling tidak dengan program ini bisa membantu dalam upaya perbaikan sistem budidaya yang aman, murah dan berkelanjutan,” ungkap Ahmad Muhlis.

Disamping memberikan pembinaan dari aspek budidaya, pihaknya juga memberikan motivasi dan sistem tata kelola manajemen, disamping juga pihaknya memberikan bibit dan mengadakan beberapa peralatan penunjang yang sangat mendasar.

Sementara itu, Alfiah Fajriani selaku anggota tim mengatakan, semoga tahapan awal proses pemeliharaan bisa lebih teratur dan dapat dijalankan secara mandiri oleh masyarakat.

Setelah ini pihaknya akan terus berkolaborasi hingga proses kegiatan selesai termasuk implementasi IoT Smart Sensor Monitoring yang akan dilaksanakan pada bulan desember.

Kepala LP3M UMK yang sekaligus sebagai tim pelaksana, Eddy Hamka menyampaikan, program ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti yang ditujukan untuk memfasilitasi pada dosen dalam melakukan penerapan keilmuan langsung dalam masyarakat termasuk dalam dunia usaha atau UMKM.

“Sehingga hasil-hasil penelitian dosen tidak hanya selesai di kampus atau di ruang kuliah tapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” ditemui di ruang kerjanya.

Dia menuturkan, ini adalah bagain dari Caturdharma UMK, dan UMK melalui LP3M selalu berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara salah satunya melalui program-program pengabdian kepada masyarakat baik dari pendanaan internal maupun eksternal.

Adapun, Harmin yang merupakan ketua kelompok tani Harapan Jaya bandeng yang menjadi mitra sangat berterimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) terkhusus kepada tim pelaksana telah memberikan pembinaan, bimbingan dan juga bantuan.

“Semoga dengan program ini dapat memberikan perubahan dan keberhasilan usaha budidaya ikan bandeng yang yang kami jalankan. Terimakasih banyak kepada tim pelaksana dan kepada Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Ahmad Dahlan,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *