by

Lewat PMM, UM Kendari Optimalisasi Kemandirian Ekonomi di Wakatobi  

KENDARI, TERKINI.COM – Optimalisasi kemandirian ekonomi, Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Ketua Tim Pelaksana, Lely Okmawaty Anwar menuturkan, kegiatan PMM ini dilaksanakan sepenuhnya oleh mahasiswa, sementara dosen sebagai penggagas kegiatan.

Adapun tema yang diangkat ialah ‘Pemberdayaan kelompok wanita pesisir menuju kemandirian ekonomi melalui optimalisasi diversifikasi berbasis sumber daya perikanan lokal di Desa Sandi, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra)’ dengan sumber pendanaan dari Kemendikbudristek RI.

“Kegiatan ini bertujuan agar kelompok wanita pesisir mampu mandiri secara ekonomi dan sosial,” katanya.

Dia berharap dengan adanya PMM dapat tercipta ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Sandi Wakatobi. Hingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir dan berkreasi masyarakat wanita pesisir di desa tersebut dalam mengolah hasil perikanan lokal melalui penerapan hasil riset dosen pengusul.

“Tidak hanya itu kita pun menginginkan ketersediaan berbagai jenis produk olahan berbasis sumberdaya perikanan lokal yang berdaya saing,” imbuhnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga akhir September 2023 ini pihaknya dibantu oleh Rita L Bubun dari UM Kendari berkolaborasi dengan Eko Aprianto Johan dari Universitas Halu Oleo (UHO).

“Sementara mahasiswa yang terlibat dalam program PMM sebanyak 25 orang, 20 orang dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Kendari dan lima orang dari Fakultas Pertanian UHO,” papar dia.

Pihaknya mengharapkan selama satu bulan pelaksanaan PMM mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya dalam bekerjasama dengan masyarakat dan banyak pemangku kepentingan di lapangan.

“Sekaligus mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas keilmuan, dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan terkhusus di Desa Sandi,” pungkasnya.

 

 

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *