by

Dihari Sumpah Pemuda, Camat Besulutu Serahkan Sejumlah Penghargaan Kepada Guru dan Siswa

KONAWETERKINI.COM- Pemerintah Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe mengelar upacara memperingati hari sumpah pemuda yang dirangkaikan dengan penyerahan sejumlah piagam prestasi kepada guru dan siswa, bertempat di SDN 1 Besulutu, Sabtu 28 Oktober 2023.

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Camat Besulutu, Nurlela Saranani kepada dua siswa dan delapan guru yang dinilai berprestasi.

Dikesempatan tersebut, Nurlela Saranani mengatakan, dalam memperingati hari sumpah pemuda tahun ini mengusung tema “peran aktif pemuda dalam pembangunan”. Menurutnya, tema tersebut bermakna memanggil kita untuk merenung dan bertindak. Saat kita melihat kemerdekaan sebagai hakikat perjuangan.

“Saat itulah kita harus pahami bahwa tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemuda adalah membangun bangsa ini labih maju dan sejahtera,” katanya.

Nurlela menyebut,  peran aktif pemuda dalam pembangunan mengacu pada banyak bidang, sala satunya harus mengingat bahwa pendidikan adalah fondasi dari setiap perubahan yang kita inginkan.

Sementara itu, pemuda adalah agen perubahan dan perubahan itu dimulal dari kelas-kelas sekolah serta harus memastikan bahwa setiap pemuda Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Mereka harus memiliki akses yang setara ke pengetahuan, teknologi dan peluang.

“Peran pemuda juga sangat penting dalam perubahan sosial. Mari kita jadi agen perubahan yang memerangi kemiskinan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan. Kita punya suara, dan kita harus menggunakannya untuk melawan segala bentuk diskriminasi dan pelecehan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, tidak ada kata terlambat atau terlalu dini untuk berperan aktif dalam pembangunan. Mari bergerak bersama, terus belajar, berinovasi, dan bertindak. Terimalah tantangan dan jangan takut untuk berkomitmen kepada nilai-nilai kejujuran, Integritas, dan kerja keras.

“Kita adalah pemuda yang memihki semangat Sumpah Pemuda yang mengalir dalam darah kita. Mari kita bahu-membahu, bersatu, dan membangun bangsa ini menjadi lebih baik,” pungkasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *