by

BIK 2023, OJK Sultra Gelar FinExpo Tingkatkan Literasi dan Keuangan

KENDARI, TERKINI.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama seluruh Industri jasa keuangan bank dan non bank kembali menyelenggarakan Financial Expo (FinExpo) Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023, kegiatan ini ditargetkan dapat meningkatkan literasi dan keuangan masyarakat.

Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengatakan, BIK Tahun 2023 adalah momen bagi lembaga jasa keuangan bank maupun non bank aktif mengadakan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar literasi dan inklusi keuangan masyarakat meningkat. 

“Sultra sendiri saat ini inklusinya sudah hampir mendekati survei nasional yakni 84 persen, berharap inklusi dan literasi di Sultra lebih meningkat,” tuturnya di pembukaan BIK 2023 bertempat di salah satu pusat perbelanjaan Kendari, Jumat (27/10/2023).

Event tahunan OJK Sultra yang dilaksanakan tiga hari yakni 27-29 Oktober 2023 ini melibatkan partisipasi peserta seluruh industri keuangan bank dan non bank di Sultra.

Dia menambahkan, perhelatan BIK tahun ini dikemas dalam bentuk FinExpo, dimana masyarakat dapat menyaksikan aneka pameran produk dan layanan jasa keuangan. Rangkaian FinExpo BIK rutin diadakan setiap tahun di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Sultra.

“FinExpo bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat untuk mendapatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia BIK 2023, Abul Latif mengungkapkan, dalam FinExpo, masyarakat dapat memperoleh informasi tentang berbagai produk dan layanan jasa keuangan, serta mengikuti berbagai kegiatan edukasi keuangan.

“Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan peserta FinExpo,” tutur Direktur Bank Sultra ini.

Pada momen tersebut, juga dilaksanakan Launching QRIS BPD yang menandai penggunaan QRIS BPD telah dapat digunakan. Hal ini diharapkan dapat berdampak pada perluasan jangkauan QRIS di Sultra dalam rangka mendukung program Bank Indonesia.

Untuk diketahui, selama rangkaian FinExpo BIK 2023, masyarakat disuguhkan ragam hiburan dan program edukasi keuangan yang dikemas dalam lomba menarik.

Diantaranya, lomba tarian lulo kreasi antara OPD lingkup Pemprov Sultra dan Kabupaten/Kota, lomba idol kategori masyarakat umum dan industri jasa keuangan, lomba stocklab dan lomba supporter tingkat mahasiswa, lomba dance bertajuk “Literasi dan Inklusi Keuangan”, lomba fashion show anak-anak, lomba pidato keuangan syariah tingkat pelajar SMA se Kota Kendari serta talkshow edukatif lembaga perbankan di Sultra.

FinExpo diikuti pula berbagai lembaga jasa keuangan, seperti perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun, pegadaian, fintech, dan e-commerce. 

Mewakili Pj Gubernur Sultra, Plh Setda Sultra, Yuni Nurmalawati membuka FinExpo didampingi Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia KPwBi Sultra, Aryo serta para pimpinan kementerian dan lembaga, dan pimpinan industri jasa keuangan

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *