by

BI Gandeng Dikbud Sultra Perluas Literasi Keuangan

KENDARI, TERKINI.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) jalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai upaya perluas literasi keuangan.

Deputi Kepala KPwBI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo menuturkan, MoU tersebut bertujuan menyebarkan literasi keuangan salah satunya menggunakan QRIS pada level-level pendidikan yakni SMA se-Sultra.

“Kita lihat di tingkat sekolah itu berpotensi baik guru maupun peserta didiknya, dimana siswa di tingkat SMA merupakan pengguna keuangan seperti QRIS,” kata dia ditemui di pembukaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 di salah satu pusat perbelanjaan di Kendari, Jumat (27/10/2023).

Kerjasama ini berharap ada pengembangan informasi maupun pelatihan, misal bagaimana QRIS ataupun QRIS Tuntas yang merupakan fitur baru dari QRIS, bagaimana membuat account perusahaan, pengembangan kantin digital hingga koperasi.

Sejauh ini sudah ada beberapa sekolah khususnya ditingkat SMA sederajat di Sultra yang menerapkan QRIS. Bahkan siswa tidak hanya menggunakan buku tabungan tetapi juga dompet digital, melalui kerjasama ini berharap literasi keuangan di tingkat sekolah terus berkembang dan tersebar secara luas.

Selain literasi keuangan, BI Sultra juga melakukan hibah bibit hortikultura sebanyak 300 ribu, dalam hal ini bibit bawang, tomat dan cabai kepada Dikbud Sultra untuk dibagikan ke SMA maupun SMK.

Kepala Bidang (Kabid) SMK Dikbud Sultra, J.H Bawondes menuturkan, hibah bibit hortikultura oleh BI Sultra akan ditanam di sekolah SMA dan SMK yang memiliki lahan. Berdasarkan data yang ada, sebanyak 10 SMK diantaranya SMKN 5 Konawe dan SMKN 1 Muna Barat keduanya memiliki lahan yang luas.

Adapun penyaluran bibit akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan BI Sultra. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan angka inflasi di Sultra, karena BI melihat sekolah berpeluang untuk berperan aktif dalam menekan inflasi.

“Terlebih SMK ada jurusan pertanian begitupun dengan lahan, dari Dikbud Sultra sendiri berharap pihak sekolah dapat memanfaatkan dengan baik agar upaya pemerintah dalam menekan inflasi dapat terwujud,” katanya.

 

Reporter : Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *