by

Cegah Penularan Jembrana di Konawe, Ribuan Ternak Divaksinasi

KONAWETERKINI.COM- Guna mencegah penularan penyakit hewan jenis jembrana, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe lakukan vaksinasi pada ribuan hewan ternak di Konawe.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Dinaskeswan Konawe, Jumrin, bahwa vaksinasi dilakukan seiring adanya dua kasus kematian hewan ternak warga yang berasal dari penyakit Jembrana.

Dua kasus tersebut berasal dari hewan ternak di Kecamatan Puriala dan Anggaberi. Hasil kab menunjukkan positif akibat penyakit Jembrana.

“Sekitar ribuan hewan milik kelompok ternak sudah divaksin,” katanya.

Kasus kematian akibat penyakit Jembrana di Puriala dan Anggaberi di duga masuk dari transmisi lintasan, sebab konawe merupakan daerah lintasan dan transit.

Selain mencengah penyakit Jembrana, vaksinasi dilakukan juga untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit lain seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan rabies.

“Kalau PMK ini rutin, tapi untuk rabies ini perlu sekali apa lagi sekarang kan kita menghadapi perubahan iklim. Hewan peliharaan ini (Anjing-Kucing) rentan kena virus rabies,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *