by

BI Sultra Perluas Elektronifikasi Transaksi Melalui Pasar Siap QRIS di Lapulu

KENDARI,TERKINI.COM- Bank Indonesia terus memperluas dan mempercepat elektronifikasi transaksi melalui Pasar SIAP QRIS, kini giliran Pasar Lapulu Kendari. 

Diungkapkan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Doni Septadijaya, elektronifikasi sistem pembayaran ini terus didorong untuk meningkatkan efisiensi transaksi serta keamanan transaksi masyarakat.

“Melalui penyediaan QRIS di pasar tradisional, seluruh lapisan masyarakat di Sultra dapat menikmati berbagai manfaat yang diberikan oleh QRIS,” katanya, Jumat (15/9/2023).

Terkait hal tersebut, pada Kamis, 14 September 2023, BI Sultra bersinergi dengan perbankan daerah meluncurkan Pojok QRIS di Pasar Lapulu Kendari sebagai wadah masyarakat untuk berkonsultasi terkait pembukaan fitur QRIS maupun berbagai kepentingan transaksi perbankan lainnya. 

Sejauh ini, telah tersedia di sembilan pasar tradisional di Sultra dan lebih dari 950 pedagang pasar tradisional telah dapat bertransaksi menggunakan QRIS.

Doni menjelaskan, melalui QRIS maka transaksi masyarakat dapat terekam dengan baik, hal Ini memudahkan para merchant terkait akuntabilitas pendapatan dan dapat mendukung pada saat pengajuan pinjaman pada perbankan. 

Sementara bagi Pemerintah terdapat manfaat peningkatan transparansi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Sementara Wakil Ketua KADIN Sultra, Sastra Alamsyah mengatakan, pihaknya terus mendorong penggunaan QRIS di pasar tradisional, karena para pedagang tidak perlu lagi menghitung kembali uang yang diterima atau bahkan mengalami kehilangan. 

“Hal Ini merupakan bentuk komitmen KADIN Sultra untuk mendorong elektronifikasi transaksi pada seluruh lapisan masyarakat,” terang dia.

Hingga kini telah terdapat 143 ribu pengguna QRIS di Sultra dengan total 1,2 juta transaksi. Perluasan QRIS di Sultra membutuhkan sinergi yang solid dan kokoh antar anggota Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk mendukung ketersediaan Infrastruktur yang bersifat tangible maupun Intangible. 

Oleh karenanya akan terus didorong upaya penyediaan transaksi QRIS pada berbagai merchant serta sosialisasi dan pelatihan QRIS yang akan terus dilakukan pada berbagai kegiatan.

 

 

Reporter: Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *