by

Program SIGAP SPHP Di Kabupaten Konawe Dilaksanakan, Lima Pasar Ditunjuk Sebagai Pelaksana

KONAWETERKINI.COM- Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) mulai dilaksanakan serentak di lima lokasi pasar di Kabupaten Konawe, Kamis 31 Agustus 2023, yang merupakan program kerjasama antara Pemda Konawe dan Bulog Konawe untuk menstabilkan harga kebutuhan akan pangan.

Melalui sambutannya saat membuka kegiatan program SPH di Pasar Modern Kapita Lau Dami, Sekda Konawe Ferdinand Sapan mengatakan bahwa, kegiatan SIGAP SPHP “Siap Jaga Harga Pasar dengan Beras SPHP” merupakan Program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Urusan Logistik (BULOG) dan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Di Konawe sendiri kegiatan SIGAP SPHP dilakukan di lima pasar, yakni Pasar Sampara, Pasar Pondidaha, Pasar Wawotobi, Pasar Asinua dan Pasar Lambuya, dengan mempercayakan beberapa Outlet pengecer yang berada di pasar – pasar tersebut untuk mendistribusikan beras SPHP.

Pemerintah sendiri melalui Bulog telah menyalurkan beras murah SPHP ke pedagang di lima pasar tersebut dengan tujuan menjaga stabilitas harga, khususnya harga pangan komoditi beras, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang selama ini membeli beras dengan harga yang melebihi dari standar pemerintah.

 

“Harapan kita program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga serta kemampuan belanja masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe, dan mudah-mudahan setelah perbaikan jaringan irigasi kita, yang rencananya per tanggal 1 september ada beberapa wilayah yang sudah akan buka pintu pengairan sehingga 3 – 4 bulan kedepan kondisi ketersediaan pangan kita khususnya beras, akan semakin bagus,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Bulog Konawe Abdan Djarmin mengatakan program SIGAP SPHP merupakan kewajiban Bulog dan pemerintah setempat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui harga beras murah.

Perlu diketahui, melalui program SIGAP SPHP masyarakat bisa membeli beras dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran pada umumnya. Berikut harganya, untuk beras dengan berat 5 kg dibanderol dengan harga Rp47 ribu lebih murah jika dibanding harga pasar dengan kisaran harga Rp55 ribu-Rp65 ribu.

 

“Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan disetiap hari pasar dan sifatnya bukan hanya sesaat , tetapi terus berlanjut. Jadi, selama progam ini ada maka selama itu pula outlet- outlet yang telah dipercayakan bekerjasama dengan pemerintah melalui Bulog akan selalu menyediakan beras SPHP ini,” tandanya.

Selain Sekda Konawe dan Kepala Bulog Konawe, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadis Disperindagkop Konawe, H. Muhammad Nur serta Camat Sampara Muhsin, SE.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *