by

Peringati HUT ke-78 Tahun RI, Pemkab Konawe Serahkan 545 SK P3K 

KONAWETERKINI.COM- Peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 tahun Republik Indonesia (RI) yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Konawe berlangsung lancar dan penuh hikmat.

Diketahui, dalam upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI itu Sekertaris Daerah (Sekda) Ferdinand Sapan mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bertindak sebagai inspektur upacara, Kapten Infantri Taslim sebagai perwira upacara, letnan satu Infantri Jumain Mehoran sebagai komandan upacara serta Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin bertugas pembacaan teks proklamasi.

Dikesempatan tersebut, Ferdinand menyampaikan beberapa hakikat yang dapat dipetik di momen HUT ke-78 tahun RI.

“Pertama, menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan terdahulu dalam meraih kemerdekaan RI, sebab tanpa mereka kenikmatan yang kita rasakan sekarang akan mustahil kita peroleh,” katanya.

Selanjutnya, sebagai penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban merefleksikan perjuangan para pahlawan, karena kemerdekaan yang telah diraih oleh pahlawan merupakan hasil kerja keras dan pengorbanan bukan pemberian.

“Dalam rangka mengisi kemerdekaan ini, para generasi muda yang sekarang harus bekerja dan belajar yang giat guna menghadapi perkembangan zaman dan teknologi, jika itu tidak dilakukan maka kedepannya akan menjadi ancaman bagi mereka,” jelas Sekda Konawe itu.

Ketiga, merefleksikan makna perjuangan itu diperoleh bukan berdasarkan hanya satu kelompok, golongan maupun suku, melainkan kemerdekaan yang diperoleh itu atas perjuangan seluruh masyarakat Indonesia pada zaman dahulu.

“Dan ini perlu diaplikasikan dimasa sekarang dan kedepannya, bahwa membangun bangsa dan negara tidak cukup dilakukan sekelompok orang akan tetapi semua masyarakat indonesia,” imbuhnya.

Selanjutnya, usai upacara detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI ke-78 tahun, beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Pemkab Konawe, pemberian bantuan kendaraan operasional satu unit mobil dalmas oleh Pemkab ke Polres Konawe.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Pemkab Konawe terhadap tugas-tugas dari pihak kepolisian dalam melayani masyarakat.

Dilanjutkan penyerahan SK pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 545 formasi guru.

Serta dilanjutkan dengan silaturahmi dan pemberian bingkisan Pemda Konawe kepada 14 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di pendopo Kantor Bupati Konawe.

Dalam kesempatan itu, Ferdinand juga menyampaikan, akan memberikan fasilitas pengobatan secara gratis di BLUD RS Konawe kepada 14 veteran tersebut.

Terlebih lagi, Pemkab Konawe memiliki program pengobatan gratis di BLUD RS Konawe yang diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Ini merupakan program dari Bupati Konawe dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *