by

Dosen FPIK UM Kendari Bentuk Generasi Milenia Peduli Terumbu Karang di Bokori  

KENDARI,TERKINI.COM – Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari membentuk kelompok generasi milenia peduli terumbu karang di Pulau Bokori.

Ketua tim Pemberdayaan Kegiatan Masyarakat (PKM) Dr Suharta Amijaya Husen mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan transfer teknologi kepada generasi muda guna menambah wawasan baru sebagai mitra dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang dihadapi,” tuturnya, Selasa (29/8/2023).

Dimana lanjut dia, menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan melalui narasumber dan tenaga ahli serta mahasiswa bersama-sama mendampingi mitra dari awal kegiatan pengabdian sampai dengan pelaksanaan praktek di lapangan.

Kegiatan PKM ini diselenggarakan pada 21 Juli 2023 dengan tema “Pembentukan Kelompok Generasi Milenia Peduli Terumbu Karang untuk Menjaga dan Memulihkan Ekosistem Terumbu Karang”.

Tidak sendiri, Dr Suharta Amijaya Husen didampingi oleh Anwar Said MPd dan Eddy Hamka MSi yang juga dosen FPIK UM Kendari dalam melaksanakan kegiatan PKM di Pulau Bokori.

Pelaksanaan PKM dirangkaian dengan berbagai kegiatan lainnya seperti pemberian materi dan pendampingan kepada mitra yang dapat menjadi dasar untuk dijadikan suatu keterampilan dalam kemampuan dan pengalaman terhadap rehabilitasi karang melalui implementasi teknologi terumbu buatan yang mengalami kerusakan.

“Disisi lain, mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan kemandirian masyarakat ini menjadi suatu tambahan pengalaman diluar kampus yang kemudian nantinya akan diberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) terkait kompetensi yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ke masyarakat,” jelas dia.

Tim pelaksana juga menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek melalui Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian UM Kendari yang telah mendanai kegiatan pengabdian masyarakat.

“Tak lupa pula ucapan terimakasih kepada Balai Pengelolaan Konservasi Sumberdaya Laut dan Pesisir Makassar Satker Kendari dan Perwakilan Instansi Kelautan dan Perikanan Kota Kendari yang telah ikut berpartisipasi sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik,” pungkas dia.

 

 

Reporter: Nunung

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *