by

BI dan Dispar Sultra Dukung Peningkatan UMKM Lewat Sultra Meambo 2023

KENDARI, TERKINI.COM – Bank Indonesia bersama Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Dispar Sultra) melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI dan GBWI) melalui Sultra Meambo 2023 untuk mendukung peningkatan UMKM.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Adik Afrinaldi mengatakan, BI bersinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya Dispar Sultra terkait meningkatkan dan mengembangkan UMKM baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Jangka pendeknya ialah penjualan selama kegiatan. Sementara jangka panjangnya, melihat perkembangan dari produk unggulan itu sendiri. Misal, kopi, bagaimana barista hingga perkembangan penjualannya. Tidak lupa dilakukan pembinaan terhadap UMKM,” katanya ditemui di lokasi kegiatan tepatnya di salah satu pusat perbelanjaan di Kendari, Senin (7/8/2023).

Intinya, BI ingin UMKM di Sultra bisa lebih berkembang tidak hanya dikenal di wilayahnya sendiri yakni Sultra tetapi juga hingga ke tingkat nasional dan Internasional. 

“Kalau memungkinkan bisa kita lakukan ekspor,” ujar Adik.

Produk yang ditampilkan di Sultra Meambo 2023 merupakan produk unggulan Sultra. Seperti kopi tolaki, kopi bombana, cokelat, cemilan hingga tenun khas Sultra.

Terkait tenun, pihaknya telah mengikuti beberapa acara. Seperti acara fashion, festival dan karya kreatif Indonesia. Sebagai upaya memperkenalkan kain khas daerah kepada masyarakat luas.

Kegiatan yang berlangsung dari 4 – 11 Agustus 2023 ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya diantaranya, talkshow dalam rangka menambah wawasan para pelaku UMKM dan lomba mewarnai bagi anak-anak. Ada pula pameran desa wisata se Sultra.

“Target transaksi secara keseluruhan ialah Rp50 miliar dari sejak diadakannya gerakan nasional GBBI dan GBWI pada bulan-bulan sebelumnya. Untuk pariwisata kita menargetkan 6,6 juta wisatawan,” terang dia.

Acara tersebut juga menjadi upaya BI dalam mensosialisasikan pembayaran non tunai melalui QRIS kepada masyarakat. Bagi pengunjung yang ingin bertransaksi disediakan QRIS sebagai alat pembayaran.  

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra, Belli Tombili mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu langkah untuk memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata, sekaligus mengembangkan UMKM.

“Kita terus mendorong masyarakat dalam menggunakan produk lokal Indonesia sebagai upaya menggerakkan perekonomian daerah. Kita harap kegiatan ini bisa menarik pariwisata,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *