by

Jelang HUT RI ke-78, Sebanyak 389 Pelajar di Konawe Daftar Sebagai Calon Paskibraka

KONAWETERKINI.COM- Antuasis pelajar sebagai paskibra membludak, tercatat sebanyak 389 siswa/siswi di Kabupaten Konawe mendaftarkan diri melalui sistem digital atau online.

Hal ini diungkapkan langsung, Plt Kepala Kesbangpol Konawe Tery Indria SE. MS.i, Rabu 12 Juli 2023, bahwa pendaftaran telah dilakukan bulan Februari- Maret lalu secara online dengan proses seleksi selama empat hari juga melalui digital.

Tery menjelaskan tes yang dilakukan selama empat hari tersebut diantaranya tes wawasan kebangsaan, pancasila dan yang lainnya.

Sementara itu, tes fisik dilakukan setelah bulan ramadhan dan semua telah diselesaikan. Tes yang dilakukan ini bersamaan dengan tes paskibraka tingkat nasional dengan satu kali perekrutan.

Saat ini siswa/siswi yang telah lulus seleksi belum bisa dipublikasi karena menunggu jadwal dari provinsi, apalagi konawe memiliki empat perwakilan untuk diseleksi ke tingkat provinsi.

Juga masih menurut Tery, terdapat salah seorang siswa dari SMA N 1 Unaaha masuk kategori mewakili Sulawesi Tenggara untuk seleksi nasional, dan keputusannya tanggal 14 Juli sehingga berpengaruh pada jadwal di Konawe karena ketika tidak jadi di utus akan dipanggil kembali untuk mengisi posisi yang ada.

Sehingga keputusan paskibraka tingkat Konawe menunggu dulu tingkat provinsi rampung.

“Untuk perekrutan kami panitia hanya memfasilitasi dan untuk perekrutan tahun ini melibatkan seluruh sekolah menengah yang ada, mulai dari Abuki, Puriala, Sampara mungkin Routa yang tidak ada karena terlalu jauh” ujarnya

Lanjut Tery mengungkap Indikasi dugaan nepotisme perekrutan paskibraka tingkat Konawe dipastikan tidak ada karena saat personil TNI melakukan tes PBB mereka diberikan berupa akun yang kemudian diberi nilai dan dikirim ke BPIP.

“Saat ini sudah ada 75 siswa yang diterima dan nama-namnya sudah kami kantongi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan nantinya para peserta paskibraka akan dikarantina selama 21 hari di Hotel Nugraha untuk pemusatan pelatihan.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *