by

Lomba Desa, Ulu Benua Keluar Sebagai Juara Wakili Konawe Ditingkat Provinsi

KONAWETERKINI.COM- Lomba desa tingkat Kabupaten Konawe telah usai, Desa Ulu Benua keluaar sebagai juara dan berhak mewakili Konawe diajang lomba desa tingkat provinsi.

Selaku Kepala Desa Ulu Benua I Made Adi, mewakili Konawe mengatakan pihaknya yakin memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Konawe.

“Dengan segala potensi dan sumber daya yang ada serta dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Konawe, Desa Ulu Benua berkomitmen memberikan pelayanan pemerintah yang lebih baik,” katanya, Senin 12 Juni 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana, S.STp. MAp mengungkapkan Desa Ulu Benua keluar sebagai juara karena memiliki nilai tertinggi dari semua kriteria yang ditetapkan.

“Hasil evaluasi dan penilaian tim penilai lomba desa berdasarkan Permendagri 81 tahun 2018, Desa Ulu Benua mendapatkan nilai tertinggi,” jelasnya.

Berdasarkan Permendagri ada tiga faktor penilaian yang menjadi fokus tim dalam melakukan penilaian, yang pertama Pelayanan Pemerintah, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Ia menjelaskan Desa Ulu Benua memiliki sektor pelayanan pemerintahan yang mampu meyakinkan tim penilai dengan menunjukkan perangkat pemerintahan lengkap dan terorganisir dengan baik.

Terlebih untuk sektor kewilayahan Desa Ulu Benua merupakan salah satu desa dengan tingkat produksi pertanian tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Di bidang kemasyarakatan Desa Ulu Benua terdiri dari masyarakat adat Bali yang masih eksis melestarikan budayanya dan potensi wisata permandian dan kearifan lokal terus tumbuh dan berkembang melengkapi indahnya pesona Desa Ulu Benua.

“Saat ini kami sudah melakukan pembinaan sejak 2 minggu yang lalu dan dalam waktu dekat kami bersama Bupati dan Sekda Konawe akan menggelar rapat membahas persiapan menghadapi lomba desa tingkat provinsi,” ujarnya.

Olehnya, Keny optimis Desa Ulu Benua akan keluar sebagai juara lomba desa tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *