by

BI Sultra Dukung Gerakan Pangan Murah Nasional Upaya Pengendalian Inflasi

KENDARI,TERKINI.COM – Gerakan pangan murah nasional yang dilaksanakan serentak di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat dukungan Bank Indonesia, sebagai upaya pengendalian inflasi. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Benu-benua Kendari, Senin (26/6/2023).

Deputi Kepala Bank Indonesia Sultra, Adik Afrinaldi mengatakan, upaya dalam mengendalikan inflasi salah satunya dengan mengadakan pasar murah. Seperti yang dilakukan pemerintah hari ini dengan melaksanakan gerakan pangan murah nasional.

“Dari informasi yang diterima, komoditi yang sedang naik jelang Idul Adha ialah bawang merah dan ayam. Melalui kegiatan ini diharapkan situasinya bisa lebih stabil,” jelas dia.

Bentuk dukungan dari BI sendiri ialah melakukan koordinasi dengan petani binaannya, seperti menyuplai cabai merah, tidak hanya di pasar murah tetapi pasar umum lainnya.

Saat ini inflasi di Sultra ialah 4,8 persen, angka tersebut masih tinggi ketimbang nasional yakni 4 persen. Diharapkan, melalui gerakan pangan murah bisa berdampak dengan menurunnya angka inflasi di Sultra yakni sekitar 3 persen diakhir tahun.

Ditempat yang sama, Kepala Perum Bulog Sultra, Siti Mardati Saing mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan gerakan pangan nasional dengan menyiapkan komoditi seperti, dua ton beras, gula 1 ton hingga minyak 1 ton di seluruh wilayah di Sultra.

“Namun pihaknya melihat untuk di Kendari ini antusias masyarakat sangat luar biasa terutama kebutuhan beras kami sudah empat kali pulang balik ambil barang. Intinya kita siap mendukung hingga selesai,” jelasnya kepada media.

Dia menuturkan, terkait harga dari Bulog jelas lebih murah, untuk beras dijual Rp9 ribu per kilo, minyak dengan harga Rp14 ribu dan gula Rp14.500. Dia pun meminta agar warga tidak panik karena ketersediaan khususnya tiga komoditi yakni beras, minyak dan gula itu aman hingga tiga dan empat bulan kedepan sudah disiapkan.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala yang ditemui saat pembukaan gerakan pangan murah mengatakan, pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Bulog Sultra diharapkan bisa membantu warga memenuhi kebutuhannya terutama yang membutuhkan.

Kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Kendari, Subhan ini dipadati warga yang ingin berbelanja memenuhi kebutuhan jelang Idul Adha.

 

 

Reporter : Nunung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *