by

Angka Lokus Stunting di Konawe Berhasil Diturunkan DKKBN

KONAWETERKINI.COM- Angka lokasi khusus (lokus) stunting di Konawe tahun 2023 berhasil diturunkan Pemerintah Kabupaten Konawe dalam hal ini Dinas Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (DKKBN).

Penurunan angka lokus tersebut menurut keterangan Kepala DKKBN Konawe, Ismail, merupakan hasil kerjasama lintas sektor, sehingga pencegahan lokus stunting berjalan maksimal.

Ia membeberkan, tahun ini angka lokus stunting turun dari 49 desa/kelurahan di tahun 2022 yang terdapat kasus stunting, saat ini (2023, red) turun diangka 35 desa/kelurahan.

“35 desa/kelurahan ini merupakan hasil analisis situasi sehingga di tetapkan sebagai lokus pencegahan stunting pemkab Konawe tahun ini,” bebernya, Selasa 13 Juni 2023.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, kerjasama lintas sektoral untuk mencegah stunting dilakukan karena setiap lokus memiliki permasalahan berbeda sehingga penanganan nya juga di lakukan oleh lintas sektor yang berbeda-beda pula sesuai data analisis masing masing sektor atau dinas.

Selain permasalah kompleks tersebut, DKKBN juga fokus pada pencegahan langsung ke masyarakat dengan melakukan edukasi.

” DKKBN juga langsung edukasi pencegahan stunting terhadap masyarakat yang rawan berisiko terjadi stunting seperti jarak angka kelahiran, hamil di usia muda atau sebaliknya, sehingga semua terintegrasi penanganan pencegahan stunting ini,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *