by

Respon Keras Dugaan Penghinaan Etnik Tolaki, KSK Koordinasi Dengan Kapolda Sultra Hingga Kapolri

KONAWE, TERKINI.COM – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) merespon keras dugaan penghinaan etnik Tolaki, dalam skripsi yang ditulis salah seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makkasar (UMM).

Merespon isu ini, KSK mengaku langsung berkoordinasi dengan Kapolda Sultra hingga Kapolri untuk mengambil langkah hukum atas dugaan penghinaan tersebut.

“Pelaku penghinaan telah ditangkap. Besok akan di bawa ke Polda Sultra. Jadi saya harapkan masyarakat Tolaki tenang dan tidak membuat gerakan,” terang KSK dalam konferensi pers bersama sejumlah tokoh masyarakat Tolaki, Senin (11/4/2023) semalam.

Untuk itu, Bupati Konawe dua periode ini mengimbau agar masyarakat khususnya etnis Tolaki bisa menahan diri, dari tindakan main hakim sendiri atas kasus ini.

Dirinya juga memastikan, oknum pembuat skripsi akan ditindak atas apa yang telah dilakukan. Termasuk juga orang-orang yang terlibat dalam skripsi tersebut juga bakal diproses.

“Besok (12/4/2023) jam 10 kita akan diterima Kapolda. Kapolri juga sudah kasi jaminan bahwa semua yang terlibat akan diambil,” tegas KSK.

Diungkapkannya juga, saat ini sudah ada ormas dan lembaga yang melapor secara resmi di kantor polisi. Ia berharap masalah itu bisa segera tuntas agar tidak menimbulkan gejolak.

“Percayakan kepada saya dan tokoh-tokoh kita untuk menyelesaikan masalah ini,” ujar KSK.

Dirinya juga mengingatkan masyarakat serta semua pihak agar bisa menjaga keutuhan dan soliditas masyarakat Sultra yang multi etnis.

“Saya minta, harmonisasi antar warga Sultra selama ini jangan dikoyak. Kami di Sultra ini, ibarat piring yang bergesekan tapi tak menjadikan retak apalagi pecah. Kenapa? Karena masyarakat Sultra, apakah itu daratan maupun kepulauan, tahu bahwa daerah didirikan lahir karena semangat kebersamaan Muna, Buton, Kendari dan Kolaka yg sekarang sudah berkembang menjadi 17 Kabupaten/Kota,” pungkas KSK.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *