by

Pemda Konawe Kirim 81 Ton Beras Premium ke Muna Barat, Siap Kirim ke Daerah Lain

KONAWE, TERKINI.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bekerjasama dengan Bulog Konawe mulai melakukan pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebesar 81 ton.

Pengiriman beras ini merupakan tindak lanjut MoU antara Pemkab Konawe dengan Pemerintah Kabupaten Mubar saat HUT ke 63 Konawe beberapa waktu lalu.

Sekda Konawe Ferdinand Sapan saat melepas secara resmi pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat. Foto IST

MoU diteken untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Mubar dan untuk menekan inflasi dan menstabilkan harga kebutuhan pokok di wilayah tersebut.

Jumlah total beras yang akan dikirimkan sebesar 211 ton beras dengan kualitas premium, yang akan dikirimkan secara berangsur, melalui Pelabuhan Ferry Torobulu.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili Sekda Konawe Ferdinan Sapan melepas secara simbolik keberangkatan tiga truk pengangkut beras di Halaman Pedestrian Kantor Bupati Konawe, Sabtu (8/4/23).

Sekda Konawe Ferdinan mengungkapkan, pengiriman beras ini melalui Pelabuhan Torobulu dan akan diangsur dihari berikutnya sampai pengiriman tahap pertama sejumlah 81 ton tersebut selesai.

“Sebenarnya hari ini kita bisa penuhi semua dengan mengirimkan 81 ton sekaligus, tetapi kemampuan Kapal Feri yang tidak bisa mendominasi muatan ini dikarenakan ada penumpang lain atau angkutan lain yang bisa jadi merupakan kebutuhan pokok juga” jelas Ferdi.

Dirinya juga menerangkan dengan pengiriman puluhan ton beras keluar daerah tidak akan mengurangi stok pasokan beras untuk kebutuhan konsumsi masyarakat di Kabupaten Konawe.

“Kami memastikan stok aman hingga Mei 2023 mendatang, dan kurang lebih 6000 hektar sawah akan panen di bulan April ini, sehingga bisa dikatakan persediaan beras di Kabupaten Konawe ini aman,” tegas Ferdi.

Untuk itu, dirinya menegaskan jika ada daerah lain atau kabupaten lain di Sultra yang membutuhkan beras pihaknya siap membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Sekda Konawe Ferdinand Sapan saat melepas secara resmi pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat. Foto IST

“Kami menyampaikan bahwa potensi yang ada di Konawe ini cukup besar, sehingga kalau ada teman teman dari kabupaten lain selain Muna Barat yang membutuhkan beras dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari hari diwilayah mereka, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe bersama Bulog Konawe tentunya dengan petani kami di konawe, bersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” pungkasnya.

Untuk informasi, turut hadir dalam agenda pelepasan pengiriman beras ke Mubar ini sejumlah kepala OPD Konawe dan jajarannya diantaranya Kadis Ketahanan pangan Abdul Hasim, Ka Bulog Konawe Muh Abdan DJarmin, Kadis Pertanian Gunawan, Kadis Koperindag Muhammad Nur, Kadis Kominfo Akib Ras, dan Kadis PUPR Norjanah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *