by

Resmi Dilantik, Muhammad Nurdin Nahkodai UMK 2023-2027

KENDARI, TERKINI.COM – Tongkat kepemimpinan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) telah berganti dari Amir Mahmud ke Muhammad Nurdin setelah resmi dilantik pada Selasa (21/3/2023) di Aula UMK.

Pelantikan Rektor UMK masa jabatan 2023-2027 ini dilakukan secara virtual oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Bambang Setiaji disaksikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tenggara (Sultra), Akhmad Aljufri.

Muhammad Nurdin, mengatakan, dirinya siap memimpin UMK dan membangun kampus tersebut lebih baik lagi, mulai dari peningkatan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur dan tentu akademiknya. Adapun yang sudah dicapai oleh rektor sebelumnya merupakan pondasi yang kuat.

“Banyak prestasi dan capaian yang sudah ditorehkan para pemimpin sebelumnya. Hal itu menjadi acuan dasar bagi kita untuk terus menjalankan, sekaligus menjadi tantangan,” ungkapnya.

Pesan dari pimpinan pusat lanjut dia, yang perlu menjadi perhatian bersama ialah agar kedepan UMK memiliki Centre of Excellence (CoE) atau pusat layanan unggulan, dalam hal ini pertambangan. Selain itu, adanya program internasionalisasi Muhammadiyah menuju Kampus Bergerak.

Ditempat yang sama, Rektor UMK periode 2019-2023, Amir Mahmud mengucapkan, terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama empat tahun sejak 11 Maret 2019 sampai 11 Maret 2023.

“Meskipun banyak program yang belum sempat kami selesaikan, diharapkan dapat dilanjutkan,” katanya.

Program itu ialah, pembangunan gedung rektorat tujuh lantai, pondok tahfidz, rumah susun bagi mahasiswa, sertifikat tanah 28 hektar, pendirian fakultas kedokteran, pengembangan dan inovasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis metaverse, penyelesaian sistem informasi manajemen terpadu (Samaturu) kerjasama technopark Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Adapula, pengembangan sistem informasi dan pelayanan data terpadu (SIDAT) dan tabungan pensiun,” tuturnya.

Sementara, Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sultra, Akhmad Aljufri menngajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mengembangkan UMK.

“Berharap kita semua tetap bersatu untuk berjuang mengembangkan kampus kita ini sehingga melahirkan SDM yang berkualitas tidak hanya dari sisi keilmuan tetapi memiliki akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam,” ujarnya.

Kepada rektor yang baru dilantik, dia berpesan, jadikan kesempatan ini untuk menorehkan amal-amal kebajikan dan menjadi amal jariah.

Pelantikan ini dihadiri pula, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas dan Asisten 3 Kendari, Makmur.

 

 

Reporter : Nunung

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *