by

Bupati KSK Bakal Terima Penghargaan Universal Health Coverage dari BPJS Kesehatan Pusat

KONAWE, TERKINI.COM – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) bakal menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat

Penghargaan tersebut rencananya akan dihadiri langsung Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam gelaran puncak UHC Award 2023 di Balai Sudirman Jakarta Selatan, 14 Maret 2023 mendatang.

UHC Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten dan kota berkomitmen tinggi dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia.

Kepala BPJS Konawe, Muhammad Ayub menjelaskan, penghargaan itu diberikan bagi Pemkab Konawe atas dedikasi Bupati KSK dalam mendukung program JKN di daerahnya.

Menurutnya, masyarakat pengguna BPJS Kesehatan di Konawe cukup signifikan. Dimana dari 260.765 jiwa jumlah penduduk, sebanyak 255.703 jiwa di antaranya  telah terdaftar menjadi peserta BPJS.

“Sekitar 98 persen penduduk Konawe sudah tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan,” kataMuhammad Ayub .

Ayub juga menjelaskan, peserta BPJS Kesehatan di Konawe dibagi atas dua kelompok, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Bukan penerima bantuan iuran (Non PBI) yang mana salah satunya adalah Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri.

PBI sendiri terdiri dari tiga jenis bantuan.  Ada penerima manfaat program PBI pusat sebanyak 106.174 jiwa. Kemudian, PBI Provinsi Sulawesi Tenggara 13.445 jiwa. Lalu, PBI Kabupaten Konawe yang berjumlah 4.937 jiwa.

“Sedangkan peserta BPJS Non PBI dari penyelenggara negara tercatat 29.356 jiwa,  kemudian karyawan swasta 38.533 jiwa, lalu PBPU/mandiri berjumlah 23.077 jiwa,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *