by

Menaker Ida Fauziyah Terima Tujuh Alat Berat Bantuan PT VDNI & OSS, Untuk Digunakan BPVP Sultra

KONAWE, TERKINI.COM – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah menerima secara simbolis alat berat bantuan dari  PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel, Rabu (15/2/2023).

Bantuan yang diterima ini nantinga akan diserahkan sebagai alat pembelajaran pendukung di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Alat berat sendiri merupakan wujud komitmen Presiden Direktur PT VDNI dan PT OSS, Tony Zhou yang mendukung dibukanya pelatihan penggunaan alat berat di BPVP Kendari.

Komitmen ini telah diteken Presiden Direktur PT VDNI dan PT OSS, Tony Zhou dan Kepala BPVP Sultra Dr La Ode Haji Polondu dalam penandatangan MoU beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dalam sambutannya Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, pelatihan kompetensi penggunaan alat-alat berat ini sangat dibutuhkan.

“Di Sultra banyak sekali perusahaan pertambangan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi menghandel alat berat ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, penyerahan alat berat dari PT VDNI dan OSS ini sendiri sedianya sudah bisa dilakukan sejak setahun lalu, namun  Kemenaker RI menunggu kesiapan lahan.

“Pak Gubernur yang menyiapkan lahannya persis di samping BPVP Sultra. Setelah semuanya tanahnya siap, peralatan ini semuanya akan di bawa ke BPVP Sultra,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Head of Human Resources Kantor Pusat PT VDNIP, Arys Nirwana mengatakan, alat berat yang diserahkan berjumlah tujuh unit.

Ketujuh alat berat yang diserahkan tersebut yakni Troller crane, excavator, mobile crane, dump truck, loader, forklift, dan satu unit mesin dump truck

“Alhamdulillah hari ini kami telah selesai memberikan bantuan kepada BPVP Sultra, untuk  digunakan sebagai pelatihan mekanik,” ujar Arys Nirwana.

Menurutnya juga, bantuan ini sebagai wujud komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Sultra agar BPVP Sultra lebih banyak memberikan pelatihan kepada masyarakat.

“Kami harapkan sinergi dengan BPVP ini memberikan dampak luas kepada masyarakat Sultra. Kami hadir sebagai bagian dari masyarakat Sultra dan berharap kehadiran kami dapat didukung dan diterima oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi yang hadir untuk menyaksikan penyerahan alat berat ini memuji PT VDNI dan OSS atas bantuan alat berat kepada BPVP Sultra.

Diungkapkannya, PT VDNI dan OSS telah menciptakan lapangan kerja dimana saat ini telah mempekerjakan tenaga kerja lokal sebanyak 24.544 orang.

Dengan jumlah tersebut, kata Ali Mazi, kehadiran dua perusahaan asa negeri Tirai Bambu tersebut telah mampu menekan angka pengangguran bahkan kemiskinan.

“Tentu kami selalu berharap VDNI dan OSS selalu maju berjaya sehingga tenaga kerja kita dapat terampil dan bekerja lebih baik sesuai porsinya masing-masing,” ucap Ali Mazi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *