by

KSK Jadi Bakal Calon Gubernur Sultra Paling Populer

KONAWE, TERKINI.COM – Bakal Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tengara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa (KSK) menjadi figur paling popular di masyarakat Sultra.

Fakta tersebut terungkap dari hasil survey Lembaga Sript Survei Indonesia (SS) berkiatan dengan dinamika masyarakat jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2024 mendatang.

Dari 21 figur bakal Calon Gubernur (Cagub) Sultra yang dirilis tersebut, KSK yang juga saat menjabat sebagai Bupati Konawe dua perode ini menempati urutan teratas dengan presentase tertinggi.

Dalam keterangannya, Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin menjelaskan, survei dilakukannya tersebut untuk mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas bakal Cagub Sultra.

Survei dilaksanakan pada 5 – 20 Januari 2023, dengan mengambil responden secara acak sebanyak 820 orang yang tersebar di 17 kabupaten/ kota se-Provinsi Sultra secara proporsional.

“Metode yang digunakan adalah Multistage Random Sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,5 persen,” terangnya.

Untuk hasil survey tersebut yakni bakal Cagub Kery Saiful Konggoasa berada di posisi teratas dengan presentase 19.51 %, kemudian disusul Andi Sumange Rukka yang dikenal dengan sebutan ASR dengan 17.07 %.

Selanjutnya ditempat ketiga, ada Ketua DPP PDIP Sultra Lukman Abunawas dengan presentase 11,83 %, disusul keempat Laode Ida 7,07 %, dan kelima Mantan Bupati Kolut, Rusda Mahmud dengan 6,59 %.

Urutan selanjutnya, politisi senior Golkar, Ridwan Bae sebesar 5,61 %, Mantan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun sebesar 5,24 %, dan Mantan Bupati Wakatobi Hugua dengan presentase sebesar 5 %.

SSI juga merilis data figur dengan hasil survey dibawah 5 % yakni Sjafei Kahar, Tina Nur Alam, Asrun, Ruksamin, Ahmad Safei, Abdurrahman Saleh, LM Rusman Emba, Tafdil, Sarunuddin Dangga, MZ Amirul Tamin, Herry Asiku.

Yuhardin juga mengungkapkan, penilaian masyarakat atas Cagub Sultra berkaitan dengan kemampuan mengendalikan harga kebutuhan pokok , menciptakan Lapangan pekerjaan, dan perbaikan Infrastruktur (Jalan, jembatan dan pertanian).

“Citra yang baik di mata masyarakat adalah berprestasi atau kinerjanya terbukti, sederhana, ramah/ merakyat dan membawa harapan baru. Citra atau alasan inilah yang menjadi hal utama dalam memilih Calon Gubernur Sultra Tahun 2024 mendatang,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *