by

Karnaval HUT ke-63, Konawe Tampilkan Miniatur Budaya Indonesia

KONAWE, TERKINI.COM– Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe ke 63, berbagai rangkaian acara dilaksanakan. Salah satunya Pawai Budaya dilaksanakan, Minggu 26 Februari 2022, yang berlangsung sangat meriah menampilkan kebergaman budaya dan suku yang berdomisili di Kabupaten Konawe.

Menampilkan 63 kontingen dari sejumlah organisasi yang berasal dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan se-Kabupaten Konawe, sejumlah paguyuban, marching band, polisi cilik hingga anak-anak Tanam Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kontingen yang mengikuti pawai akbar menampilkan ciri khasnya masing-masing. Begitupula kontingen dari setiap kecamatan hadir dengan mobil hias yang iconik dengan berbagai model. Salah satunya kecamatan yang berasal dari pesisir konawe, menghiasi mobil menyerupai Kapal Phinisi. Sementara kecamatab lainnya, menampilkan hiasan rumah adat konawe, biasa  menyerupai kepala anoa dan rumah pembuatan sagu secara tradisional.

Tidak hanya itu, masing masing kecamatan menampilkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia dengan menggunakan pakaian adat masing masing. Sebut saja, suku Tolaki, Jawa, Buton, Muna, Sunda, Lombok, Toraja dan masih banyak lagi.

Alunan alat musik khas suku masing masing, dan tarian juga turut memeriahkan karnaval HUT ke -63 Konawe tahun ini.

Tidak ketinggalan dari berbagai paguyuban juga menampilkan atraksinya masing-masing, diantaranya mennunjukkan kekebalan tubuh dengan berjalan di atas pecahan beling, menggunakan senjata tajam, mematahkan besi, dan mematahkan bata yang diselimuti api.

Tidak ketinggalan pula penampilan dari generasi muda Kabupaten Konawe,  penampilan tari modern dan tarian kulo khas Tolaki oleh anak-anak PAUD.

Tidak lengkap rasanya, jika pawai tak menghadirkan  marching band. Dan karnaval Konawe kali ini marching band diikuti beberapa sekolah dari tingkat SMP dan TK.

Gegap gempita warga Konawe mengikuti karnaval disambut Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) dengan antusiasme tinggi. Hal ini terlihat Bupati dua periode tersebut meninggalkan panggung menyambut, sekaligus melebur dan berinteraksi secara langsung dengan peserta karnaval.

Bupati yang juga Balon Gubernur Sultra 2024 mendatang tersebut mengucapkan rasa syukur dan terimakasih telah diberi kesempatan dua kali memimpin Konawe. Diakhir pemerintahannya ini, KSK berharap siapapun bupati selanjutnya diharapkan bisa lebih baik lagi.

“Keberagaman dari berbagai suku bangsa yang hadir hari ini adalah kekayaan Konawe yang sesungguhnya,” teriaknya disambut gegap gempita oleh semua kontingen dan warga yang hadir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *