by

HUT Konawe ke 63, Bupati KSK Lakukan Tradisi Mobubusi ke Makam Raja Lakidende

KONAWE, TERKINI.COM– Menyambut momen Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe ke-63 Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melaksanakan tradisi Mobubusi.

Mobobusi, adalah kata dalam bahasa Tolaki yang berarti tradisi berziarah ke makam, atau ziarah kubur. Dalam agenda ini, Bupati KSK bersiarah ke makam Raja Lakidende di Kompleks Makam Raja Lakidende di Arombu, Kota Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Agenda ziarah ini sendiri merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan Bupati KSK bersama seluruh jajaran Pemda Konawe menjelang momen HUT daerah berjuluk lumbung beras Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Turut terlibat dalam ziarah ini Sekertaris Daerah Ferdinand, Kapolres Konawe akan dijabat AKBP Ahmad Setiadi, serta pimpnan Organisasi perangkat Daerah (OPD) dan Anggota DPRD Konawe Abdul Ginal Sambari.

Rangkaian Mobubusi tersebut dipimpin langsung juru kunci penjaga makam Raja Lakidende dengan mengirimkan doa doa ayat Suci Al-Quran.

Setelah Mobubusi Bupati Konawe dua periode bersama seluruh rombongan langsung mengarah ke Pelataran Kantor Bupati Konawe untuk melaksanakan acara adat Mosehe.

Mosehe adalah tradisi suku Tolaki sebagai bentuk penyucian daerah, untuk menolak bencana atau peristiwa buruk yang  yang bisa menimpa daerah tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *