by

Antisipasi Stunting di Konawe, Dinkes: Pengadaan Alat Hemoglobin Sangat Penting!

KONAWE, TERKINI.COM- Berbagai upaya dilakukan Dinas Kesehatan Konawe untuk mengatasi stunting di Kabupaten Konawe, salah satunya dengan bantuan susu bubuk kepada ibu hamil dan juga balita.

Selain itu, pihaknya juga melalui puskesmas puskesmas di setiap kecamatan mengadakan kelas ibu hamil, dan pemberian tablet penambah darah, serta posyandu.

Menurut Kepala Dinkes Konawe, Mawar Taligana belum lama ini, hal tersebut dilakukan semata mata untuk mencegah stunting.

Namun, untuk calon ibu atau remaja putri perlu juga dilakukan pencegahan stunting sejak dini melalui pemeriksaan hemoglobin didalam darah.

“Pemeriksaan HB ini penting, karna jika perempuan HB dibawah 12 persen ini dapat menyebabkan anemia.Sehingga kita menyasar atau interpensi kepada remaja putri karna kedepannya mereka ini akan menjadi calon ibu,” jelasnya.

Sayangnya, pemeriksaan Hb untuk remaja putri terkendala dialat. Sampai saat ini belum teraedia alat Hb dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe.

“Teman -teman puskesmas di lapangan belum melakukan pemeriksaan untuk remaja putri, karena alatnya belum ada,” bebernya.

Olehnya itu, pihaknya berharap Pemda Konawe dapat menyediakan alat tersebut, atau bantuan dari pihak ketiga. Agar alat tersebut dapat direalisasikan sesegera mungkin.

“Semoga di dana desa mereka bisa mengalokasikan untuk pembelian alat pemeriksaa HB untuk remaja putri,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *