by

Waspada DBD di Musim Pancaroba, Dinkes Konawe Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

KONAWE, TERKINI.COM- Dimusim pancaroba saat ini rentan akan berbagai penyakit, olehnya Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan .

Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konawe, dr Mawar, saat giat Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) beberapa waktu lalu.

Salah satu penyakit berbahaya yang timbul saat musim pancaroba yakni, Demam Berdarah Dengue (DBD). Olehnya, dr Mawar mengimbau masyarakat memberantas sarang nyamuk melalui 3M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Dia juga berharal agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, utamanya genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

Saat ini, masih menurut dr Mawar, telah ditemukan tiga kasus DBD di Kabupaten Konawe, diagnosa tersebut berdasarkan hasil laboratorium.

Pihaknya juga berperan aktif mrlakukan fogging atau pengasapan di lokasi ditemukannya kasus DBD. Hal tersebut dilakukan agar tidak meluas dan menimbulkan korban baru.

“Tiga warga ini berasal dari Kelurahan Laosu sekarang sedang dirawat di RS Kendari,” bebernya.

Ia juga meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke Dinas Kesehatan, apabila ada yang terjangkit DBD agar segera ditindak lanjuti.

“Kalau ada terdeksi DBD, segera laporkan supaya langsung kita tindak lanjuti,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *