by

Bupati Kery Saiful Konggoasa Minta Seluruh Elemen Masyarakat Sukseskan Program BIAN

KONAWE, TERKINI.COM- Pemerintah Kabupaten Konawe, melalui Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengajak kepada elemen masyarkt, mulai dari instansi terkait maupun masyarakat Konawe untuk turut mensukseskan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Hal itu dikatakan langsung Bupati Kery saat membuka kegiatan pencanangan BIAN di Kabupaten Konawe tahun 2022, bertempat di SDN 1 Unaaha, Jumat 27 Mei 2022.

“Kita tidak dapat pungkiri, akibat wabah virus Covid-19 yang melanda disemua penjuru negeri pada tahun 2022, itu sangat berdampak pada penurunan cakupan imunisasi yang signifikan,” ujar Bupati Kery Saiful Konggoasa saat menyampaikan sambutannya.

Lanjutnya, ditingkat global cakupan imunisasi kian menurun dari angka 86 persen pada tahun 2019 menjadi 83 persen ditahun 2020.

Sementara di Indonesia sendiri juga mengalami penurunan cakupan imunisasi dasar dari 93,7 persen tahun 2020 menjadi 77,3 persen tahun 2021.

Hal tersebut menurut orang nomor satu di Konawe tersebut, dapat mengakibatkan timbulnya daerah-daerah yang berpotensi menjadi sumber penyakit yang sangat menular dan menimbulkan kejadian yang luar biasa.

Pada tahun 2020 ditemukan sebanyak 93.913 kasus campak, dan 7.420 untuk kasus rubella. Sedangkan tahun 2018 telah dilaporkan sebanyak 33 kasus polio pertahun, dan kasus pertusis sebanyak 151.000, dan diperkirakan 34.000 bayi meninggal akibat tetanus.

“Ada beberapa penyakit yang sangat menular (infeksius) dan dapat mengakibatkan kematian seperti, Campak, Rubella,Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis dan Polio yang masih banyak ditemukan didunia,” bebernya.

Oleh karena itu, melalui pelaksanaan BIAN tingkat Kabupaten Konawe tahun 2022 dengan mengusung tema “sehatkan keluarga lewati pendemi dengan imunisasi lengkap”, diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kesadaran semua elemen masyarakat demi memberikan cakupan imunisasi disemua kelompok umur guna terhindar dari berbagai penyakit.

Dengan kegiatan BIAN ini, KSK berharap semua intansi yang terkait dan masyarakat turut berperan mensukseskan program ini, sebagai bentuk upaya bangkit dari kondisi pendemi covid-19.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap jajaran tim kesehatan, lintas sektor dan seluruh masyarakat Konawe yang telah berjuang untuk membangun bangsa yang sehat, berkualitas dan kuat. Terimakasih atas partisipasinya yang saling bahu membahu demi mewujudkan Daerah atau Bangsa kita menjadi keluarga sehat dan berkualitas,” tandasnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *