by

Volume Sampah Meningkat Selama Ramadan, DLH Konawe Imbau Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

KONAWE, TERKINI.COM- Selama Bulan Ramadan biasanya diikuti dengan volume sampah yang meningkat, hal ini disebabkan pola konsumsi masyrakat yang juga meningkat, apalagi saat berbuka puasa.

Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Harianto Wahab, Rabu 06 April 2022.

“Memasuki bulan Ramadan bisa dipastikan volume sampah di Konawe akan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dikarenakan, sangatlah identik dengan masakan dan takjil-takjil yang dikemas dalam kemasan plastik sekali pakai,” jelasnya.

Olehnya, peran masyarakat dan pedagang takjil harus bisa mengolah sampah mereka sehingga tidak berserakan baik di area penjualan maupun ditempat selain di TPS yang disediakan.
Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya meminta kepada masyarakat terutama para pedagang takjil agar sampah-sampah kemasan takjil bisa dikumpulkan di satu titik, agar memudahkan para petugas dalam mengambil sampah.

“Kalau bisa sampah plastik atau batok kelapa, mereka kumpulkan di sekitar area menjualnya, biar petugas mudah mengangkut sampahnya,” katanya.

Lanjutnya, untuk memudahkan pekerjaan pengangkut sampah, pihaknya tak henti melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar membuang sampah di TPS langsung yang telah disiapkan.

“Kita tidak hentinya sosialisasikan kepada masyarakat melalui pemerintah setempat, agar TPS digunakan sebagimana fungsinya, jangan membuang sampah tempat lain, terutama jalan poros karena tidak sedap dipandang,” tandasnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *