by

Vaksinasi Perdana Anak, KSK Tekankan Masyarakat Tidak Termakan Hoax

KONAWE, TERKINI.COM- Vaksinasi perdana untuk anak usia 6-11 tahun mulai dilakukan di SDN 1 Unaaha, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Selasa 25 Januari 2022.

Jenis vaksin yang digunakan ialah Sinovac dosis 0,5 ml, dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Unaaha dan Polres Konawe.


Peserta vaksinasi anak juga melibatkan orang tua, untuk turut mendampingi anaknya selama proses vaksinasi.

Bupati Kery saat memantau proses vaksinasi perdana untuk anak berpesan agar masyarakat ikut mendukung program pemerintah untuk Indonesia lebih sehat, dan tidak mudah percaya informasi hoax terkait bahaya vaksin.

“Jangan mudah percaya informasi itu (hoax, red), anak-anak kita pasti sehat,” imbaunya.
Mantan Ketua DPRD Konawe tersebut menekankan Negara pasti berfikir untuk menjaga dan melindungi masyarakat dari Covid-19.

” Tidak perlu kita takut, ini kepentingan kita bersama, mumpung gratis,” tegasnya.

Ia menambahkab, bahwa vaksinasi tidak mungkin dilakukan jika kondisi anak sedang drop. Karena sebelum vaksin, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan apakah si anak bisa divaksin atau tidak.

” Jika ada oknum yang menyebarkan informasi bahaya vaksinasi ini, kalau perlu ditangkap saja, PKI itu namanya,” tegasnya.

Menurutnya vaksinasi merupakan hal yang normal, karena telah diikuti semua elemen masyarakat. Apalagi, sebelumnya anak-anak sudah pernah disuntik vaksin.
“Jadi vaksinasi anak ini bukan hal yang baru lagi, apalagi anak kita ini masih sehat-sehat semua,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Munawar Taligana selaku Kadis Kesehatan Konawe mengatakan vaksinasi perdana anak dilakukan serentak di 27 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Konawe dengan 27.527 sasaran vaksinasi.
Ia membeberkan bahwa pihaknya tidak memiliki target terkait vaksinasi anak, hanya saja pihaknya mengatakan vaksinasi anak secepatnya dilakukan agar target bisa tercapai.
“Vaksinasi anak harus ada orang tua siswa yang mendampingi atau gurunya, olehnya terlebih dulu kita sosialisasi kepada orang tua agar menyakinkan anaknya untuk divaksin, ” jelasnya.
Ditanya mengenai stok vaksin, pihaknya memastikan stok vaksin sinovac untuk vaksinasi anak cukup.
Sementara itu, Rusman S.PD.,M.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 1 Unaaha sangat berterimakasih kepada Pemda Konawe dan pihak yang terkait, khsususnya Bupati Kery yang ikut turun langsung memantau kegiatan vaksinasi.
” Saya berterimakasih kepada Bupati Kery karna sudah mau memantau langsung vaksinasi anak kita. Dan terimakasih juga kepada orang tua siswa yang telah mengizinkan anakanya untuk divaksin” tutupnya.

Vaksinasi anak yang perdana dilakukan hari ini, juga turut hadir Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso dan Kepala puskesmas Unaaha serta Kadis OPD Konawe.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *