by

HKN ke – 57, Wali Kota Kendari Tekankan Program Vaksinasi

KENDARI – Melalui Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Wali Kota Kendari, Sulkarnain K memberi apresiasi kepada tenaga kesehatan. Seperti diketahui bahwa selama Pandemi Covid-19, perjuangan tenaga kesehatan luar biasa dalam menangani pandemi.

“Alhamdulillah, sekarang pandemi bisa dikatakan sudah dapat terkendali. Meski begitu, kita tidak boleh lengah, harus tetap patuh pada protokol kesehatan. Ingat pandemi belum berakhir,” ungkap Sul saat memberi sambutan pada HKN ke 57 di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, Kamis (11/11/2021).

Dirinya menekankan, terkait vaksinasi untuk terus dilakukan sosialisasi sehingga bisa mencapai angka yang disyaratkan untuk memenuhi ketentuan herd immunity. Karena berdasarkan laporan yang diterima, saat ini vaksinasi Kota Kendari sudah mencapai 64,09 persen. Artinya, masih ada 59,91 persen yang harus dicapai.

“Prediksi saya setelah diatas 60 persen ini, memang akan sedikit melambat capaiannya. Karena diawal kita masih berhadapan dengan masyarakat yang antusias, punya keinginan dan minat dengan program vaksin,” katanya.

Tetapi, sambungnya, sekarang tenaga kesehatan akan berhadapan dengan masyarakat yang tersisa yakni kelompok yang ragu-ragu hingga resisten. Dimana butuh dorongan dan keyakinan dalam mengikuti program vaksin.

Sulkarnain juga meminta kepada sekretaris kota untuk menyisir setiap dinas-dinas. “Jangan sampai masih ada ASN yang belum vaksin tentu melihat kondisi masing-masing setiap orang,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, program vaksin akan terus diperluas. Jika sebelumnya, sudah ada vaksin untuk anak diatas 12 tahun. Maka selanjutnya akan di programkan untuk anak dibawah 12 tahun atau diatas lima tahun.

“Saya ingatkan agar dinas kesehatan membangun sistem dan meningkatkan kemampuan serta kualitas. Mari beri pelayanan kesehatan yang maksimal,” tutupnya.

Penulis : Ian Syam

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *